Kyai Hamid Pasuruan wafat tahun berapa?

KH Abdul Hamid lahir pada tahun 1333 H, di Desa Sumber Girang, Lasem, Rembang, Jawa Tengah dan wafat 25 Desember 1985. Melewati pendidikan di Pesantren Talangsari, Jember, Pesantren Kasingan, Rembang, Jateng, Pesantren Tremas, Pacitan hingga menjadi pengasuh Pesantren Salafiyah, Pasuruan.

Apa nama pesantren yang dipimpin Kyai Hamid?

Kiai Hamid menikah di Pasuruan pada 12 September 1940. Kemudian, pada 1951, dia menjadi pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Pasuruan, Jawa Timur.

Setelah kematiannya dimana Kyai Hamid dimakamkan?

Komplek makam KH Abdul Hamid terletak di seberang alun-alun Pasuruan, tepatnya di belakang Masjid Agung Al Anwar.

Siapakah Romo KH Ahmad Abdul Hamid?

Kiai Haji Achmad Abdul Hamid Kendal adalah tokoh Nahdlatul Ulama yang berasal dari Kendal, Jawa Tengah, seorang pengasuh Pondok Pesantren Al-Hidayah Kendal sekaligus Imam Masjid Besar Kendal, merupakan seorang sahabat dari KH. Wahid Hasyim.

Siapa nama kecil Kyai Hamid Pasuruan?

Masa kecil dan remaja Meski Pasuruan dinisbatkan dalam namanya, KH Abdul Hamid sebenarnya dilahirkan di Dukuh Sumurkepel, Desa Sumber Gerang, Lasem, Rembang, Jawa Tengah pada 22 November 1914 M atau bertepatan dengan tanggal 4 Muharram H dengan nama lahir Abdul Mu’thi.

Siapa nama kecilnya Kyai Hamid?

Kiai Haji Abdul Hamid atau Mbah Hamid juga kondang dipanggil KH Hamid Pasuruan (lahir di Lasem, 22 November 1914 M/4 Muharram 1333 H) merupakan seorang ulama, pendakwah, dan pengasuh pondok pesantren yang banyak mengabdikan diri dalam pengembangan agama Islam di Kota Pasuruan, Jawa Timur.

Di mana Kyai Haji Ridwan Abdullah dilahirkan?

KH Ridwan Abdullah lahir di Kampung Carikan Gang I, Kelurahan Alun-Alun Contong, Kecamatan Bubutan Surabaya pada 1 Januari 1884. Ayahnya bernama KH Abdullah. Pada awalnya, Kiai Abdullah menyekolahkan Ridwan ke sekolah Belanda.

Di mana Kyai Ridwan Abdullah pernah nyantri?

Sesudah tamat dari Sekolah Dasar Belanda, KH. Ridwan Abdullah belajar (nyantri) di beberapa pondok pesantren di Jawa dan Madura. Di antaranya pondok pesantren Buntet, Cirebon, pondok pesantren Siwalan Panji Buduran Sidoarjo dan pondok pesantren Syaikhona Cholil Bangkalan, Madura.

Apa jabatan KH Ridwan Abdullah?

Jawaban: Ketika KH Abdul Wahab Hasbullah mendirikan Nahdlatul Wathan, KH Ridwan Abdullah merupakan pendamping utamanya. Beliaulah yang berhasil menghubungi KH Mas Alwi untuk menduduki jabatan sebagai kepala Madrasah Nahdlatul Wathan menggantikan KH Mas Mansur. Beliau juga aktif mengajar di madrasah tersebut.

Kapan Kyai Haji Ridwan Abdullah dilahirkan dimana siapa nama ayahnya?

Dengan keahliannya dalam melukis, ia pun dipercaya para ulama untuk membuat lambang Jamiyah Nahdlatul Ulama (NU). KH Ridwan Abdullah lahir di Kampung Carikan Gang I, Kelurahan Alun-Alun Contong, Kecamatan Bubutan Surabaya pada 1 Januari 1884. Ayahnya bernama KH Abdullah.

Kyai Ridwan Abdullah pergi ke Mekah pada tahun?

Kyai Ridwan bin Abdullah Ia dilahirkan di Surabaya pada 1 Januari 1885 dari keluarga yang sangat kental ajaran agamanya. Kyai Ridwan belajar di pesantren-pesantren seperti Tebu Ireng dan Pesantren Kademangan, Bangkalan Madura. Pada tahun 1911 ia kemudian pergi ke Mekah untuk lebih memperdalam ilmu agamanya.

Di pesantren mana sajakah KH Ridwan Abdullah pernah belajar?

Ayah beliau adalah KH. Abdullah. Sesudah tamat dari Sekolah Dasar Belanda, KH. Ridwan Abdullah belajar (nyantri) di beberapa pondok pesantren di Jawa dan Madura. Di antaranya pondok pesantren Buntet, Cirebon, pondok pesantren Siwalan Panji Buduran Sidoarjo dan pondok pesantren Syaikhona Cholil Bangkalan, Madura.